Senin, 17 Juni 2013

HAJI

Haji adalah salah satu rukun Islam. Ibadah haji ke Baitullah sekali dalam seumur hidup wajib hukumnya bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakan . Kewajiban haji dapat dilihat dari ayat Allah di dalam Al-Quran Surah Ali Imron ayat 97 dan hadist-hadist Nabi berikut.
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (97)
… dan bagi Allah wajib atas manusia haji ke Baitullah bagi siapa yang mampu baginya jalan, dan barang siapa kufur maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari seluruh alam.
[Surah Ali Imron ayat 97]

8 – حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى، قَالَ: أَخْبَرَنَا حَنْظَلَةُ بْنُ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ “
… Rasulullah SAW bersabda: “Islam didirikan atas lima perkara: syahadat bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, dan mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, dan haji, dan puasa pada bulan Ramadhan.
[Hadist Shohih Bukhari No. 8 Kitabul Iman]
 
Sumber : Pengajian LDII

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template